jam weaker_yas

Jelaskan bagaimana peranan ilmu alamiah bagi pengembangan sains dan teknologi dalam kehidupan kita sehari- hari.


TUGAS SOAL IAD (ILMU ALAMIAH DASAR)
1.      PERTANYAAN …
Jelaskan bagaimana peranan  ilmu alamiah bagi pengembangan sains dan teknologi dalam  kehidupan  kita  sehari- hari.
2.      Jawaban
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip.
Dan  Ilmu alamiah  juga memiliki hubungan yang erat dengan Teknologi dalam peranannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era globalisasi masa sekarang, telah menyebabkan ketergantungan terhadap fungsi dan peran pengetahuan semakin tinggi.
Teknologi merupakan hasil budaya manusia, semakin manusia berkembang maka semakin berkembang pula teknologi yang dimilikinya  misalnya,  ketika pertama kali PC muncul  dan tidak lama kemudian muncul generasi keduanya, ketiga, dan akhirnya muncul generasi ke 4 yang dinamakan super komputer, dan  pada saat ini pun setiap orang, setiap rumah, kantor, dimana saja, anak kecil pun sudah dapat memiliki komputer.  Teknologi pada dasarnya membantu  pekerjaan manusia, mempermudah kinerja, bahkan bisa meningkatkan sistem kerja tersebut. Akan tetapi disisi lain, komputer juga berperan dalam meningkatkan aksi kejahatan, atau juga merusak bagian-bagian  lainnya dari sisi kehidupan  manusia. Hidup manusia tidak terpisahkan dengan yang namanya teknologi.
Dalam segi materi, materi sendiri terdiri menjadi materi biotis dan non biotis. Materi biotis adalah seperti bahan benda hidup berupa karbohidrat dan lemak misalnya, materi biotis berbeda dengan materi non biotis dari bahan gas oksigen dan benda-benda yang ada dan kita konsumsi saat ini. Bahan-bahan dari materi tersebut berguna untuk membuat alat-alat teknologi dan alat-alat atau bahan ilmiah yang dipakai oleh ilmu kedokteran seperti misalnya, materi zat besi dapat menjadi kendaraan atau benda yang lainnya.
Dalam segi energi, Energi dapat di klasifikasikan antara lain energi listrik, cahaya, panas, gerak dan yang lainnya. Fungsi energi tersebut dapat dilihat pada alat teknologi AC (Air Conditioned) berasal dari listrik menjadi energi gerak. Energi nuklir juga berperan dalam teknologi dan sains dimasa sekarang. Seperti misalnya pembangkit listrik tenaga air , dari suatu bendungan, air dialirkan melalui suatu terowongan dengan
alat pengontrol.terowongan itu dibuat sedemikian rupa sehingga air jatuh
dari ketinggian 100 m atau lebih untuk mengubah energi potensial menjadi
energi mekanik yang besar. Air dari ujung terowongan itu ditahan oleh suatu
turbin air. Dengan dorongan air, turbin itu dapat berputar. Perputaran turbin
ini digunakan untuk memutar generator atau mesin pembangkit listrik
.kemudian listrik yang dihasilkan generator di ubah dan diatur tekanannya
oleh transformator.
Sedangkan dalam segi mesin, Kebanyakan peranan mesin digunakan dalam teknologi industry dan transportasi seperti misalnya mesin jet merupakan mesin yang digunakan pada pesawat terbang. Mesin jet pada pesawat terbang, prinsipnya ialah bahan bakar dan udara yang mengandung O diinjeksikan ke dalam tabung pembakar.
            Sedangkan dalam segi komunikasi, Dengan adanya ilmu alamiah. Itu sangat membantu dunia sains dan teknologi dalam  pengembangan dan pembuatannya sekarang. Contohnya yaitu ilmu alamiah dapat membantu mengembangkan media elektronik telephone genggam yang membantu media komunikasi bagi manusia. Contoh lain seperti percetakan, telegraph, telepon, radio, televise dan sateli komunikasi.
Sedangkan peranan  ilmu alamiah bioteknologi dengan teknologi dan sains pada era globalisasi saat ini. Seperti misalnya, pemanfaatan sinar –x dan sinar laser dalam bidang  kedokteran, obat-obatan, hasil bioteknologi yang menghasilkan homolin dan penderita diabetes dalam bidang farmasi. Contoh lain yaitu Bioteknologi pertanian
Dalam rangka mencukupi pangan penduduk dunia yang bertambah terus,
maka produksi pangan secara konvensional tidak dapat mengerjakannya. Oleh
karena, dicari jalan melalui bioteknologi pertanian antara lain:
Penggunaan hormon pertumbuhan sehingga dihasilkan produk yang
raksasa, Kultur jaringan dan Rekayasa genetika tumbuhan
Begitu juga dengan ilmu psikologi, karena ilmu alamiah sangat membantu dalam bidang teknologi dan sains yang karena adanya hal itu dapat mempengaruhi keadaan kognisi, afeksi dan psikomotorik dari seseorang yang menciptakan atau memakai teknoligi atau sains tersebut.
3.      Kesimpulan yang dapat saya ambil adalah
Kesimpulan, menurut pemahaman saya pelajaran ilmu alamiah dasar yaitu suatu subjek yang memberi ilmu pengetahuan tentang segala hal yang berhubungan erat dengan alam ini yang disebut alam  semesta. Yang di dalamnya mengkaji tentang konsep-konsep dan prinsip dasar yang esensial saja atau yang penting- penting saja. Untuk mengetahui tentang kejadian atau sesuatu yang ada dalam kehidupan alam semesta.
Kegunaan  ilmu alamiah dasar dan  mempelajarinya yaitu dapat membantu saya untuk mengerti tentang alam semesta tentang bumi yaitu tempat yang sedang saya tempati. Walaupun saya berasal dari jurusan biologi tetapi mempelajari IAD juga sangat perlu terutama untuk lebih menambah wawasan cakrawala saya, yang terkadang diperlukan dalam  pembelajaran  ilmu lain.
4.      Perbandingan alat komunikasi jaman dahulu dengan perubahan teknologi yang luar biasa bagi kehidupan manusia.
a.       alat komunikasi jamn dahulu                              b. alat komunikasi sekarang     
 










a.      kenderaan masa sekarang                                          b. kendaraan masa dulu
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered By Blogger

Hot on this blog

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Followers

About Me

Foto Saya
dian meutia putry
banda acheh, acheh, Indonesia
ku persembahkan semuanya untuk kasih dan cinta demi menggapai sebuah kebahagian yang akan kumiliki selamanya...
View my complete profile