jam weaker_yas

EKOSISTEM

A. Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
         Ekosistem merupakan interaksi antara organisme dalam suatu lingkungan. Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dapat dibedakan dalam dua jenis. Kedua jenis ekosistem tersebut, yaitu ekosistem yang terbentuk secara alamiah dan ekosistem yang tidak terbentuk secara alamiah atau buatan. Ekosistem yang terbentuk secara alamiah diantaranya ekosistem hutan sungai, padang rumput, laut, dan gurun pasir.
         Dalam Ekosistem terdapat satuan penyusun ekosistem antara lain individu, populasi, dan komunitas.
         1. Individu
         Individu berasal dari bahasa latin, In artinya tidak dan dividus artinya dapat dibagi. Individu adalah makhluk hidup tunggal atau suatu organisme yang utuh yang tidak dapat dibagi-bagi. Contohnya seekor cacing, sebatang pohon, seekor kupu-kupu.

         2. Populasi
         Suatu individu dalam ekosistem biasanya tidak hanya satu. Individu yang sejenis biasanya hidup berkelompok. Di hutan kita bisa menemukan sekelompok burung, sekelompok semut dan sekelompok monyet. Setiap kelompok individu yang mendiamin tempat yang sama disebut populasi.

         3. Komunitas
         Beberapa populasi yang hidup bersama dan beriteraksi di suatu tempat disebut komunitas. Bentuk komunitas di setiap tempat tidak akan sama dengan tempat lain. Kekasan suau lingkungan tertentu akan mempengaruhi tumbuhan dan hewan yang hidup didalamnya contohnya komunitas kolam. Dalam komunitas kolam terdapat populasi tumbuhan air, populasi ikan, populasi katak dll.
         4.Ekosistem 
         Ditempat tinggal anggota komunitas berada, terdapat benda tak hidup, misalnya tanah, air, dan cahaya matahari. Antara komunitas dan benda tak hidup tersebut berinteraksi membentuk ekosistem.
         Semua ekosistem di permukaan bumi berinteraksi membentuk ekosistem yang besar, yaitu ekosfer. Ekosfer hanya merupakan lapisan yang sangat tipis.
         Berdasarkan proses terbentuknya, ada dua jenis ekosistem, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terbentuk tanpa ada campur tangan manusia, contohnya laut, danau, dan hutan. Ekosistem buatan terbentuk karena campur tangan manusia, contohnya kolam, kebun, dan sawah.     

B. Komponen Penyusun Ekosistem

1. Komponen Biotik
Komponen biotik merupakan komponen ekosistem yang terdiri atas makhluk hidup, sedanglan komponen abiotik merupakan komponen ekosistem yang terdiri atas mahkluk tidak hidup.
         Berdasarkan fungsinya komponen biotik dibedakan menjadi 3 yaitu: Produsen, konsumen dan pengurai.
a.      Produsen
            Mahkluk hidup yang memiliki kemampuan menyediakan bahan makanan yang dapat digunakan oleh organisme lain disebut sebagai produsen. Kata produsen berarti penghasil, tumbuhan merupakan komponen yang paling banyak dan merupakan produsen dalam satu ekosistem
b.      Konsumen
         Manusia dan hewan tidak mampu membuat bahan makanannya sendiri. Mereka hanya berperan sebagai pemakai bahan makanan yang sudah tersedia pada tubuh tumbuhan. Karena peranannya sebagai pemakai, manusia dan hewan disebut konsumen.           
c.       Dekompuser (Pengurai)
         Pengurai merupakan mikroorganisme yang menguraikan senyawa organik atau bahan makanan yang ada pada sisa organisme menjadi senyawa anorganik yang lebih kecil. Pengurai biasanya dari golongan jamur dan bakteri, hasil pengurai ini berupa zat mineral yang akan meresap kedalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan. 

         2. Komponen Abiotik
            Semua komponen abiotik berperan dalam pembentukan ekosistem secara bersama- sama dan saling mempengarui. Faktor abiotik berpengaruh besar terhadap keberadaan organisme di suatu ekosistem.   Faktor – faktor abiotik antara lain :

a.       Gas karbon dioksida dan oksigen
b.      Air
c.       Tanah
d.      Suhu
e.       Kelembapan
f.       Cahaya matahari
g.      Ruangan

C.Organisme Autotrof dan Heterotrof  

         1.Organisme Autotrof
         Organisme Autotrof adalah organisme yang mampu menyusun zat anorganik menjadi zat organic melalui proses fotosintesis atau kemosintesis. Organisme Autotrof dapat mengubah zat anorganik, air, dan CO2 menjadi gula. Selanjutnya diubah menjadi amilum, protein, dan lemak.
 
         2.Organisme Heterotrof
         Organisme heterotrof adalah organism yang tidak mampu menyusun zat anorganik menjadi zat organic sehingga harus dapat makannya dengan cara memakan organism lain.Berdasarkan jenis makanannya organism heterotrof dibedakan menjadi herbivore, karnivor, omnivore, scavenger, dan detrivor.

Pengembangan Materi Ajar Pertemuan ke 2

a.      Rantai makanan
         Rantai makanan adalah peristiwa makan dan di makan dengan urutan dan arah tertentu dalam sebuah ekosistem.
contoh dari rantai makanan:

Padi                                       Belalang       Kadal           Elang           Pengurai

         Dengan adanya proses memakan dan di makan antar mahkluk hidup, terjadilah perpindahan zat atau materi dan energi dari satu mahluk hidup ke mahkluk hidup lainnya. 
b.      Jaring – Jaring makanan
         Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan ranting makaanan yang salaing berhubungan.

Padi                                        Tikus                         Ular       
                       Belalang                Kodok                           Elang
                                                      Burung kecil


            Pada jaring-jaring makanan terjadi perpindahan zat makanan dari mahkluk hidup satu ke mahkluk hidup lainnya secara komplek. Produsen tidak hanya di makan oleh satu jenis konsumen, hal ini menyebabkan di dalam ekosistem banyak terdapat rantai makanan yang saling berhubungan dan membentuk suatu jaring-jaring kehidupan.

C.    Piramida Makanan
Aliran energi mahkluk hidup yang menempati fungsi secara tepat disebut dengan tingkat trofik. Produsen menempati trofik satu, herbivora menempati trofik dua, karnivora menempati trofik tiga dan seterusnya. Jika organisme yang terdapat pada setiap tingkat trofik di bandingkan jumlahnya, akan diperoleh diagram berbentuk piramida. Piramida ini disebut piramida jumlah. Piramida makanan memberikan gambaran perbandingan kepadatan populasi pada masing-masing tingkat trofik. Diagram piramida makanan dapat disusun dengan menghitung organisme yang terrdapat pada sesuatu daerah tertentu.
Contoh :
Pyramid Diagram

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered By Blogger

Hot on this blog

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Followers

About Me

Foto Saya
dian meutia putry
banda acheh, acheh, Indonesia
ku persembahkan semuanya untuk kasih dan cinta demi menggapai sebuah kebahagian yang akan kumiliki selamanya...
View my complete profile