jam weaker_yas

KEANEKARAGAMAN HAYATI

A. Keanekaragaman Hayati
Keanekaragaman makhluk hidup disebut juga dengan keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati Indonesia merupakan salah satu keanekargaman yang tertinggi di dunia. Ini karena Indonesia terletak di daerah tropik, yang memiliki curah hujan tinggi dan tanah vulkanik yang subur. Keanekaragaman itu tidak hanya terdapat didaratan tetapi juga di lautan.
Berikut diuraikan tipe – tipe keanekaragaman di Indonesia : 
1.      Di Sumatera, Jawa, dan Kalimantanserta pulau disekitarnya terdapat berbagai flora dan fauna tipe Oriental. Tipe Oriental adalah tipe Asia. Di dalam wilayah ini banyak dijumpai hewan berukuran besar, misalnya : gajah, badak, harimau, dan banteng..terdapat 13 jenis primata seperti orang utan ,kera , monyet, dantarsius . yang merupakan hewan endemik adalah orang utan , badak bercula satu , binturong (sebangsa beruang berukuran kecil ), dan kukang . burung-burung tipe orientalis warnanya kurang menarik tetapi memiliki kicauan yang merdu.

2.      di indonesia bagian timur yaitu irian dan maluku terdapat berbagai flora dan fauna tipe Australian . ciri-ciri hewan di wilayah ini adalah mamalianya bertubuh kecil .di wilayah ini terdapat hewan berkantong (misalnya kanguru ) , primata primitif dan burung berbulu indah (cendrawasih katak tua ,dan betet)

 3.      di antara tipe oriental dan Australian terdapat daerah peralihan yaitu sulawesi lombok ,Nusa tenggara dan pulau sekitarnya. Disebut daerah peralihan karena hewan-hewan yang ada merupakan peralihan antara tipe oriental dan Australian . misalnya anoa , babi, rusa, dan tarsius.

 B. Perlindungan keanekaragaman hayati   
Perlindungan  (konservasi) keanekaragaman hayati merupakan kesepakatan internasional untuk melindungi flora dan fauna dfari ancaman kepunahan . karena flora dan fauna itu hidup pada habitat tertentu, maka  upaya pelestarian juga meliputi ekosistem di suatu wilayah . eprlindungan tersebut meliputi upaya mendirikan cagar alam ,taman nasional , hutan wisata ,taman laut , hutan lindung , dan kebun raya .

A.    Cagar Alam
Cagar alam adalah menbiarkan ekosistem dalam suatu wilayah apa adanya . perkembangan diserahkan kepada alam agar terjadi proses secar alami . cagar alam dimaksudkan untuk melindungi ciri khas tumbuhan ,hrwan , dan ekosistem alam . manusia dilarang memasukinya . contohnya cagar alam pangandaran (jawa barat)

B.     Taman nasional
Taman nasional juga bertujuan untuk melindungi untuk melindungi flora, fauna , beserta ekosistemnya . hal ini penting untuk pengembangan ilmu pengetaun , pendidikan , budaya, dan rekreasi alam. Berapa taman nasional tersebut misalnya , taman nasional Gunung Lauser (Aceh dan Sumatra Utara) , TN Kerinci seblat ( Sumatra Selatan ,dan Bengkulu ) TN Bukit Barisan Selatan ( Bengkulu dan Lampung).

C. Hutan Wisata
Hutan wisata adalah hutan produksi (di ambil hasilnya ) yang di manfaatkan untuk objek wisata . diharapkan wisatawan dapat menikmati keanekaragaman hayati beserta lingkunganya untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan .
 
D.Taman Laut
 Taman laut merupakan wilayah lautan yang memiliki keanekaragaman laut tinggi , unik dan indah . kawasan ini dijadikan sebagai kawasan konservasi alam , misalnya Taman Laut , Bunaken di Sulawesi Utara.

E. Hutan Lindung
Hutan lindung bisanya terletak pada daerah pengunungan .hutan tersebut berfungsi sebagai daerah resepan air . hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi erosi dan mngatur tata air .

F. Kebun Raya
Kebun raya adalah kebun buatan yang berguna untuk menghimpun tunbuhan dari berbagai tempat untuk dilestarikan .selain itu juga digunakan untuk penelitian dan rekreasi .misalnya kebun raya Bogor dan kebun raya Purwodadi (Jawa Timur).

A.    Pemeliharaan hewan dan tumbuhan
Untuk melestarikan hewan dan tumbuhan perlu dilakukan pembudidayaan, yaitu mengembangbiakkan tumbuhan dan hewan dengan tujuan memperbanyak jumlahnya. Untuk memaksimalkan budidaya dilakukan pemeliharaan yang disebut penangkaran. Hewan dan tumbuhan  langka dipelihara di suatu tempat pemeliharaan. Berdasarkan tempat pemeliharaan tersebut, dikenal istilah pemeliharaan in situ dan ex situ.
1. Pemeliharaan in Situ
Pemeliharan in situ adalah pemeliharaan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya, tidak dibawa keluar. Misalnya memelihara ikan yang terdapat di suatu danau yang dilakukan di danau tersebut, tidak dibawa ke danau lain atau sungai. Ini dilakukan agar lingkungannya tetap sesuai dengan lingkungan alaminya.
 
2. Pemeliharaan ex Situ
Pemeliharan ex situ adalah pmeliharaan hewan atau tumbuhan di luar habita aslinya. Pengembangbiakan hewan dikebun  binatang merupakan upaya pemeliharaan ex situ. Jika berhasil dikembangbiakkan, sering kali organisme tersebut dikembalikan ke habitat aslinya. Contohnya, setelah berhasil ditangkar secara ex situ, jalak  Bali di lepaskan ke habitat aslinya di Bali.
Masyarakat awam hendaknya tidak memelihara hewan atau tumbuhan langka yang rawan punah. Memelihara burung, kera, atau orang utn di rumah akan menyebabkan hewan tersebut semakin cepat punah. Sebaiknya, hewan tersebut dibiarkan hidup secara alami atau diserahkan pemeliharaanya kepada orang yang ahli agar ditangkarkan dan kemudian dilepaskan kembali ke habitat aslinya. Kita dapat berperan serta untuk dapt melestarikannya dengan memelihara hewan atau tumbuhan hasil penangkaran atau budidaya, misalnya burung kenari, ikan hias, tanaman hias, kucing, anjing.
Cara membantu melestarikan keanekaragaman makhluk hidup
1.      Tidak membunuh hewan dan tumbuhan liar
2.      Tidak mempermainkan hewan liar dan memetik tumbuhan langka
3.      Sewaktu bertamasya atau berkemah, tetaplah memelihara kelestarian lingkungan, tidak membawa pulang hewan dan tumbuhan langka
4.      Tidak membuang sampah di sembarang tempat, karena dapat mengganggu kesehatan hewan jika sampah termakan hewan tersebut
5.      Tidak membuang limbah ke lingkungan, misal limbah rumah tangga atau pestisida, karena dapat membahayakan kehidupan hewan dan tumbuhan yangada di lingkungan tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered By Blogger

Hot on this blog

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Followers

About Me

Foto Saya
dian meutia putry
banda acheh, acheh, Indonesia
ku persembahkan semuanya untuk kasih dan cinta demi menggapai sebuah kebahagian yang akan kumiliki selamanya...
View my complete profile