RPP METODE TPS
Perencanaan Belajar Biologi
Judul materi : Tentang keanekaragaman hayati
Metode : Tps (Think Pair Share)
1. Buatlah minimal 5 indikator berdasarkan materi anda
2. Buatlah minimal 8 tujuan pembelajaran berdasarkan indicator yang telah anda buat.
3. Uraikan langkah- langkah kegiatan pembelajaran :
- kegiatan awal
- kegiatan inti dan
- penutup berdasarkan model pembelajaran anda
A. indicator
- Mendeskripsikan konsep keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, dan ekosistem.
- Mengaitkan konsep keanekaragaman hayati dengan mengelompokkan makhluk hidup.
- Mendeskripsikan dasar-dasar klasifikasi keanekaragaman hayati.
- Menyebutkan macam-macam keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaatannya.
- Menunjukkan keunikan biodiversitas Indonesia berdasarkan persebarannya.
- Menginventarisasi tumbuhan dan hewan khas di Indonesia yang memiliki nilai tertentu.
B. Tujuan pembelajaran
- Siswa dapat menguraikan konsep keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
- Siswa dapat menghubungkan konsep keanekaragaman hayati dengan klasifikasi.
- Siswa dapat mendeskripsikan dasar-dasar klasifikasi keanekaragaman hayati.
- Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam keanekaragaman hayati Indonesia.
- Siswa dapat mendeskripsikan keunikan biodiversitas keanekaragaman hayati Indonesia.
- Siswa dapat mengelompokkan tumbuhan dan hewan khas di Indonesia berdasarkan persebarannya.
- Siswa dapat mendeskripsikan usaha pelestarian keanekaragaman hayati serta pemanfaatan sumber daya alam.
- Siswa dapat membuat karya tulis atau karya ilmiah populer tentang keanekaragaman hayati di Indonesia.
Pertemuan I
C. Langkah- langkah dalma kegaitan pembelajaran
A. Kegiatan awal
1. guru memberi salam serta berdoa dan mengabsen siswanya.
2. Guru menyampaikan kompetensi dasar, indicator dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
3. Guru membagikan pre tes dan meminta siswa mengerjakannya
B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan kepada siswa prosedur pelaksanaan pembelajaran Think Pair Share
2. Pertama: think
Guru
membagikan soal dan meminta siswa menjawab pertanyaan tentang materi
pengertian keanekaragaman hayati dan konsep- konsep dalam keanekragaman
hayati serta dasar-dasar klasifikasi keanekaragaman hayati (dikerjakan dalam dalam lembar jawaban yang tersedia)
3. Setelah selesai mengerjakan soal Pre tes siswa diminta untuk mengumpulkan jawaban
4. Kedua pair
Setelah
siswa selesai mengerjakannya pertanyaan- pertanyaan yang telah di
ajukan di langkah pertama. Guru membagi siwa menjadi 7 kelompok.
5. Kemudian siswa diminta oleh guru untuk mendiskusikan hasil pekerjaanya dengan kelompok masing-masing. (satu kelompok terdiri dari 4 siswa)
6. Setelah selesai berdiskusi siswa diminta untuk kembali ke tempat duduk semula.
7. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang telah dibagikan secara individu.
8. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa, untuk bertanya mengenai materi
keanekaragaman hayati dan konsep- konsep dalam keanekragaman hayati serta dasar-dasar klasifikasi keanekaragaman hayati yang belum dimengerti
- Kegiatan akhir
1. Guru
meminta siswa mengungkpakan kesimpulan dari materi yang dibahas yaitu
tentang pengertian keanekargaman hayati serta konsepnya.kemudian guru
juga memberi kesimpulan dari materi yang telah dibahas.
2. Setelah selesai semuanya guru melanjutkan dengan doa penutup dan mengucapkan salam
Pertemuan II
Langkah- langkah dalma kegaitan pembelajaran
A. Kegiatan awal
1. guru memberi salam serta berdoa dan mengabsen siswanya.
2. guru memberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang telah di sampaikan pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan kompetensi dasar, indicator dan tujuan pembelajarn yang diharapkan.
B. Kegiatan inti
1. Guru menjelaskan kepada siswa prosedur pelaksanaan pembelajaran Think Pair Share
2. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok seperti pada pertemuan yang lalu
3. Masing-masing
kelompok mengutus dua orang temanya untuk maju kedepan dan
mempresentasikan jawaban. Sementara kelompok lain (siswa lain) menyimak
jawaban temanya.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya dan bertukar jawaban.
5. Guru memberikan evaluasi atas jawaban dari masing-masing kelompok
6. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa, untuk bertanya mengenai materi
pengertian malaikat dan nama-nama malaikat yang belum dimengerti
C. Kegiatan akhir
1. Guru meminta siswa mengungkapkan kesimpulan dari materi yang dibahas, yaitu
tentang pengertian keanekargaman hayati serta konsepnya , kemudian guru juga memberi kesimpulan dari materi yang telah dibahas.
2. Setelah selesai semua, guru melanjutkan dengan doa penutup dan mengucapkan salam
(dian mp bilogie unsyiah/ 08)
0 komentar:
Posting Komentar