jam weaker_yas

gerak pada tumbuhan


Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Tidak terkecuali dengan tumbuhan juga melakukan gerak. Tahukah kamu bagaimana tumbuhan bergerak ? gambar di bawah ini menunjukkan salah satu macam gerak pada tumbuhan mentimun dan kacang panjang yang disebut gerak tigmotropisme yaitu pada bagian salurnya yang bergerak membelit tangkai atau batang tumbuhan lain. 
Tumbuhan juga melakukan gerak, tetapi gerak yang dilakukan tumbuhan tidak sama seperti gerak yang dilakukan hewan dan manusia. Gerakan pada tumbuhan sangat terbatas, biasanya gerakannya tidak berpindah tempat ( kecuali yang bersel satu).
Tumbuhan melakukan gerak karena proses tumbuh atau rangsagan dari luar. Meskipun tumbuhan  tidak memiliki system saraf, akan tetapi menunjukkan adanya kepekaan yaitu adanya gerak respon terhadap beberapa bentuk rangsangan tertentu dengan menggerakkan bagian tertentu  atau proses tumbuh. Bagaimana cara kita membuktikan bahwa tumbuhan juga melakukan gerak?
Gerakan yang dilakukan tumbuhan hanya oleh bagian tertentu, mislanya bagian ujung tunas, ujung akar, atau bagian lembar daun tertentu.  Gerakan tumbuhan dapat diamati dengan adanya pertumbuhan tanaman yang menuju atau ke arah tertentu. Sebagai contoh jika kita menancapkan sebatang kayu atau ranting di dekat tanaman mentimun atau kacang panjang yang merambat, maka selang beberapa waktu ranting kayu tersebut  telah dibelit oleh tanaman mentimun atau tanaman kacang panjang tersebut. Demikian pula dengan akar- akr yang menembus tanah menuju ketempat yang lembab atau berair. Peristiwa tersebut merupakan dari contoh tumbuhan bergerak . jadi gerakan tumbuhan terjadi karena adanya proses pertumbuhan dan adanya kepekaan terhadap rangsang atau iritabilita yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut.
Bagaiman terjadinya iritabilita pada tumbuhan ? seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga memiliki kepekaan terhadap rangsang tertentu. Untuk menanggapi rangsangan tersebut tumbuhan melakukan gerakan yang mungkin menuju kearah rangsang, menjauhi rangsang, atau hanya sekedar melakukan gerak tanah menunjukkan kerah tertentu. Gerak pada tumbuhan yang tergolong iritabilita dibedakan menjadi tiga yaitu, tropisme, taksis, dan nasty. Gerakan ini karena pengaruh rangsang dari luar yang disebut gerak etionom.
A.    Gerak etionom
Gerak etionom merupakan gerak yang dipengaruhi oleh rangsangan yang berasal dari luar tumbuh- tumbuhan. Berdasarkan arah geraknya, gerak etionom dibedakan atas gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasty. Salah satu contoh gerak etionom adalah gerak akibat tekanan turgor. Tekanan turgor adalah tekanan air pada dinding sel. Tekanan turgor disebabkan oleh masuknya air kedalm sel sehingga menimbulkan tekanan pada dinding sel.
1.      Tropisme
Merupakan gerak sebagian organ tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari luar dan arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Tropisme berasal dari kata Yunani yaitu trope yang artinya belokan. Bagian yang bergerak itu misalnya cabang , daun, kuncup bunga atau sulur. Tropisme biasanya diberi nama sesuai dengan jenis rangsangannya. Gerak tropisme dibagi dua  yaitu yang mendekati arah rangsang disebut tropisme positif sedangkan gerak tropisme yang menjauhi rangsang disebut tropisme negatif. Tropisme dapat dibedakan menjadi  fototropisme , kemotropisme,  hidrotropisme, geotropisme ,dan tigmotropisme.
a.         Fototropisme
Fototropisme disebut juga sebagai heliotropisme  adalah gerak tropisme yang disebabkan oleh rangsangan   berupa  cahaya  matahari. Umumnya arah tumbuh tumbuhan dipengaruhi oleh cahaya, khususnya cahaya matahari. Fototropisme dibagi menjadi dua, yaitu:
 
ü  Fototropisme positif, adalah gerak tanaman menuju ke arah datangnya cahaya Contoh: Ujung batang bunga matahari yang membelok menuju ke arah datangnya cahaya.
ü  Fototropisme negatif, adalah gerak tanaman atau bagian tanaman menjauhi   arah datangnya cahaya (menuju kegelapan)
Contoh: Gerak ujung akar yang menjauhi arah datangnya cahaya.
Selain itu,  fototropisme  ini berkaitan erat dengan zat tumbuh yang  terdapat pada ujung tumbuhan yang disebut  auksin. Pada sisi batang yang  terkena cahaya, zat tumbuh lebih sedikit daripada sisi batang yang tidak terkena  cahaya. Akibatnya, sisi batang yang terkena cahaya mengalami pertumbuhan  lebih lambat daripada sisi batang yang tidak terkena cahaya sehingga batang  membelok ke arah cahaya.
a.       Kemotropisme 
adalah gerak bagian tumbuhan karena adanya rangsang zat kimia. Jika geraknya mendekati rangsang disebut kemotropisme positif tetapi jika gerakannya menjauhi rangsang disebut kemotropisme negative.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Hot on this blog

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Followers

About Me

Foto Saya
dian meutia putry
banda acheh, acheh, Indonesia
ku persembahkan semuanya untuk kasih dan cinta demi menggapai sebuah kebahagian yang akan kumiliki selamanya...
View my complete profile